Program Studi Pendidikan Geografi
a. Visi
Menjadi Program Studi
Unggul di Bidang Keguruan dan Pendidikan Geografi yang Kompetitif di Wilayah
Sumatera Tahun 2026
b. Misi
1.
Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang
berbasis kepada pengembangan kecerdasan intelektual (hard skills) dan
kecerdasan emosional (soft skills) untuk memperoleh kecakapan hidup (life
skills).
2.
Melaksanakan dan mengembangkan penelitian dan
pengabdian di bidang pendidikan dan pengajaran serta bidang lain sesuai dengan
keilmuan program studi.
3.
Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan
seni (IPTEKS) yang dilandasi profesionalisme.
4.
Menyelenggarakan perguruan tinggi yang
akuntabel, efisien, efektif, transparan, relevan dan mandiri.
5.
Mengembangkan kerjasama dengan berbagai
lembaga/instansi terkait dan stakeholders untuk keberlanjutan
pelaksanaan program dan atau pembukaan program studi baru
c. Tujuan
1.
Menghasilkan lulusan dengan profil utama guru
Geografi, dan profil tambahan sebagai Analis Keruangan, Wilayah, Ekologi, dan
Kebencanaan sesuai dengan kebutuhan stakeholders dan tututan Kerangka
Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
2.
Mengembangkan dan menyebarluaskan hasil
penelitian dan pengabdian dibidang Pendidikan Geografi dan Ilmu Geografi untuk
meningkatkan khazanah pengetahuan Geografi dan pembangunan nasional
3.
Mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEKS
dibidang Pendidikan Geografi dan Ilmu Geografi untuk mendukung pembangunan
masyarakat madani (civil-society) yang demokratis dan berperan sebagai
kekuatan moral yang mandiri dalam mecapai tujuan pembangunan bangsa.
4.
Mencapai keunggulan kompetitif dan komparatif
Program Studi Pendidikan Geografi melalui penerapan prinsip pengelelolaan
sumber daya sesuai dengan azas pengelolaan yang profesional.
5.
Menjadikan Program Studi Pendidikan Geografi
sebagai program studi yang memiliki tata kelola yang baik (good university
governance), sehat dan memiliki daya saing yang tinggi sehingga mampu
meningkatkan jejaring kerjasama dalam mengambil bagian dari pembentukan Sarjana
Pendidikan Geografi yang cerdas dan mandiri.
d. Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Program Studi
e. Capaian Pembelajaran Lulusan
Capaian pembelajaran lulusan program
studi Pendidikan Geografi mencakup empat unsur yaitu unsur sikap, keterampilan
umum, keterampilan khusus dan pengetahuan. Aspek capaian pembelajaran lulusan
program studi Pendidikan Geografi dapat dilihat sebagai berikut:
Profil Lulusan
|
Capaian
Pembelajaran
|
Sumber
|
|
Kode
|
A.
Aspek Sikap
|
||
1.
Guru Geografi
2.
Analis Keruangan dan Wilayah
3.
Analis Ekologi dan Kebencanaan
|
S1
|
Bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
|
Lampiran Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar
Nasional Pendidikan Tinggi
|
S2
|
Menjunjung tinggi
nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
|
||
S3
|
Berperan sebagai warga
negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa
tanggungjawab pada negara dan bangsa
|
||
S4
|
Berkontribusi dalam
peningkatan mutu kehidupan Bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
berdasarkan Pancasila;
|
||
S5
|
Bekerja sama dan
memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
|
||
S6
|
Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain;
|
||
S7
|
Taat hukum dan
disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
|
||
S8
|
Menunjukkan sikap
bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
|
||
S9
|
Menginternalisasi
nilai, norma, dan etika akademik;
|
||
S10
|
Menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
|
||
|
B.
Aspek Keterampilan Umum
|
||
KU1
|
Mampu menerapkan
pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan
atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan
menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
|
Lampiran Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar
Nasional Pendidikan Tinggi
|
|
KU2
|
Mampu menunjukkan
kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
|
||
KU3
|
Mampu mengkaji
implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya
berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan
solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil
kajiannya dalam bentuk skripsi dan menggunggahnya dalam laman perguruan
tinggi.
|
||
KU4
|
Menyusun deskripsi
saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya dalam laman
perguruan tinggi.
|
||
KU5
|
Mampu mengambil
keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang
keahliannya, berdasarkan posedur
|
||
KU6
|
Mampu memelihara dan
mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di
dalam maupun di luar lembaga.
|
||
KU7
|
Mampu bertanggung
jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan
evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang
berada di bawah tanggung jawabnya.
|
||
KU8
|
Mampu melakukan proses
evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
|
||
KU9
|
Mampu
mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk
menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
|
||
|
C.
Aspek Keterampilan Khusus
|
||
KK1
|
Mampu menganalisis
resiko dan bahaya suatu bencana sehingga dapat menyusun upaya dalam
mengantisipasi dan meminimalisir kerusakan bencana.
|
Rumusan Program Studi
Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat
|
|
KK2
|
Mampu mengukur
kerentanan dan kerawanan bencana suatu lahan atau lokasi yang memiliki resiko
bencana.
|
||
KK3
|
Mampu mengevaluasi
karakterisitik suatu lahan atau lokasi yang berpotensi untuk terjadi bencana
|
||
KK4
|
Mampu memecahkan
masalah ekologi dan kebencanaan melalui penelitian sesuai dengan perkembangan
IPTEKS dan karakteristik wilayah tersebut.
|
||
KK5
|
Mampu menyusun
adaptasi dan mitigasi bencana dalam mengantisipasi dan memecahkan masalah
yang berkaitan dengan ekologi dan kebencanaan
|
||
KK6
|
Mampu mengambil keputusan
perbaikan ekosistem suatu wilayah berdasarkan hasil analisis ekologi yang
dilakukan secara mandiri maupun kolaboratif.
|
||
KK7
|
Mampu mengaplikasikan
metode dan teknik survei pemetaan secara spasial untuk kepentingan persebaran
lokasi dan luas area bencana untuk kepentingan mitigasi dan adaptasi bencana
dengan metode Sistem Informasi Geografi (SIG).
|
||
|
D.
Aspek Pengetahuan
|
||
P1
|
Mampu menguasai konsep
dan prinsip ekologi melalui kerja ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan
analisis ekologi dan kebencanaan.
|
Rumusan Prodi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat
|
|
P2
|
Mampu menguasai
teori dan prinsip-prinsip ekologi yang mendalam dan sesuai dengan
perkembangan IPTEKS terkini.
|
||
P3
|
Mampu menguasai metode
dan teknik survei pemetaan secara spasial melalui peta dasar maupun citra
penginderaan jauh.
|
||
P4
|
Mampu menguasai
teknik pengukuran, pengumpulan data dan analisis ekologi dan kebencanaan.
|
||
P5
|
Mampu menguasai konsep
dasar penelitian ekologi dan kebencanaan melalui praktik sehingga memiliki
pemahaman yang utuh tentang pemecahan masalah melalui penelitian
|
f.
Struktur Kurikulum
1) Kurikulum
No.
|
Kode M.K
|
Nama Mata
Kuliah
|
SKS
|
Rincian
SKS
|
Semester
|
||
T
|
P
|
||||||
1. Mata Kuliah Wajib Institusi
|
|
|
|
|
|||
1
|
STKIP0001
|
Agama
|
3
|
3
|
0
|
1
|
|
2
|
STKIP0002
|
Pancasila
|
2
|
2
|
0
|
3
|
|
3
|
STKIP0003
|
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
0
|
1
|
|
4
|
STKIP0004
|
Bahasa Indonesia
|
2
|
2
|
0
|
2
|
|
5
|
STKIP0005
|
Pengantar Pendidikan
|
2
|
2
|
0
|
4
|
|
6
|
STKIP0006
|
Perkembangan Peserta Didik
|
3
|
3
|
0
|
8
|
|
7
|
STKIP0007
|
Profesi Kependidikan
|
3
|
3
|
0
|
4
|
|
8
|
STKIP0008
|
Ilmu Kealaman Dasar
|
3
|
3
|
0
|
6
|
|
9
|
STKIP0010
|
Ke-PGRI-an
|
3
|
3
|
0
|
5
|
|
10
|
STKIP0011
|
Kewirausahaan
|
3
|
3
|
0
|
2
|
|
11
|
STKIP0012
|
Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
0
|
3
|
|
12
|
STKIP0013
|
Budaya Minangkabau
|
3
|
2
|
1
|
7
|
|
13
|
STKIP0014
|
PL Kependidikan
|
4
|
0
|
4
|
7
|
|
Jumlah SKS
|
35
|
30
|
5
|
|
|||
2. Mata Kuliah Wajib Program Studi
|
|
|
|
|
|||
1
|
GEO030001
|
Pengantar Filsafat Geografi
|
3
|
3
|
0
|
1
|
|
2
|
GEO030002
|
Geologi Umum
|
3
|
2
|
1
|
1
|
|
3
|
GEO030003
|
Geomorfologi Umum
|
3
|
2
|
1
|
1
|
|
4
|
GEO030004
|
Geografi Penduduk
|
3
|
3
|
0
|
1
|
|
5
|
GEO030005
|
Geografi Tanah
|
3
|
2
|
1
|
2
|
|
6
|
GEO030006
|
Meteorologi / Klimatologi
|
3
|
2
|
1
|
3
|
|
7
|
GEO030007
|
Kartografi
|
3
|
2
|
1
|
3
|
|
8
|
GEO030008
|
Aplikasi Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
0
|
3
|
|
9
|
GEO030009
|
Oceanografi
|
3
|
2
|
1
|
4
|
|
10
|
GEO030010
|
Hidrologi Dasar
|
3
|
2
|
1
|
3
|
|
11
|
GEO030011
|
Geologi
|
2
|
2
|
0
|
2
|
|
12
|
GEO030012
|
Geomorfologi
|
2
|
2
|
0
|
2
|
|
13
|
GEO030013
|
Penginderaan Jauh/Interpretasi FotoUdara
|
3
|
2
|
1
|
2
|
|
14
|
GEO030014
|
Dasar-dasar Ilmu Ekonomi
|
2
|
2
|
0
|
1
|
|
15
|
GEO030015
|
Ekologi dan Ilmu Lingkungan
|
3
|
2
|
1
|
6
|
|
16
|
GEO030016
|
Geografi Desa
|
3
|
3
|
0
|
3
|
|
17
|
GEO030017
|
Zoophyto Geografi
|
3
|
3
|
0
|
5
|
|
18
|
GEO030018
|
Dasar-Dasar Sejarah
|
2
|
2
|
0
|
2
|
|
19
|
GEO030019
|
Media Pengajaran Geografi
|
3
|
3
|
0
|
5
|
|
20
|
GEO030020
|
Strategi Belajar Mengajar Geografi
|
3
|
3
|
0
|
5
|
|
21
|
GEO030021
|
Evaluasi Pengajaran Geografi
|
3
|
3
|
0
|
6
|
|
22
|
GEO030022
|
Perencanaan Pengajaran Geografi
|
3
|
3
|
0
|
5
|
|
23
|
GEO030023
|
Geografi Regional
|
2
|
2
|
0
|
3
|
|
24
|
GEO030024
|
Geografi Regional Dunia
|
2
|
2
|
0
|
4
|
|
25
|
GEO030025
|
Dasar-Dasar Ilmu Sosiologi
|
2
|
2
|
0
|
3
|
|
26
|
GEO030026
|
Statistik Dasar
|
2
|
2
|
0
|
3
|
|
27
|
GEO030027
|
Statistik Geografi Terapan
|
2
|
2
|
0
|
4
|
|
28
|
GEO030028
|
Bedah Buku Teks SMA dan SMP
|
2
|
2
|
0
|
6
|
|
29
|
GEO030029
|
Pengajaran Mikro
|
3
|
0
|
3
|
6
|
|
30
|
GEO030030
|
Geografi Kebencanaan
|
3
|
3
|
0
|
6
|
|
31
|
GEO030031
|
Metodologi Penelitian Kuantitatif
|
2
|
2
|
0
|
5
|
|
32
|
GEO030032
|
Metodologi Penelitian Kualitatif
|
2
|
2
|
0
|
6
|
|
33
|
GEO030033
|
Kosmografi
|
3
|
2
|
1
|
2
|
|
34
|
GEO030034
|
SIG Dasar
|
2
|
2
|
0
|
4
|
|
35
|
GEO030035
|
Magang
|
2
|
0
|
2
|
7
|
|
36
|
GEO030036
|
Kuliah Kerja Lapangan
|
2
|
0
|
2
|
8
|
|
37
|
GEO030037
|
Seminar Geografi
|
1
|
0
|
1
|
7
|
|
38
|
GEO030038
|
Skripsi
|
6
|
0
|
6
|
8
|
|
Jumlah SKS
|
97
|
73
|
24
|
|
|||
3. Mata Kuliah Pilihan
|
|
|
|
|
|||
1
|
AKW030001
|
Geografi Pariwisata*
|
3
|
3
|
0
|
4
|
|
2
|
AKW030002
|
Survey Pemetaan*
|
3
|
3
|
0
|
4
|
|
3
|
AKW030003
|
Analisa Wilayah *
|
3
|
3
|
0
|
4
|
|
4
|
AKW030004
|
Geografi Transportasi*
|
3
|
3
|
0
|
5
|
|
5
|
AKW030005
|
Perencanaan Penggunaan Lahan*
|
3
|
3
|
0
|
5
|
|
6
|
AKW030006
|
Kebijakan Pengembangan Wilayah*
|
3
|
3
|
0
|
8
|
|
7
|
AKW030007
|
Analisis Lokasi dan Keruangan*
|
3
|
3
|
0
|
8
|
|
8
|
AKW030008
|
SIG Terapan Keruangan *
|
3
|
3
|
0
|
5
|
|
9
|
AKW030009
|
Konservasi dan Rehabilitasi Lahan*
|
3
|
3
|
0
|
6
|
|
10
|
AKW030010
|
Geologi Lingkungan dan Sumber Daya*
|
3
|
3
|
0
|
6
|
|
11
|
AEK030001
|
Analisis Resiko Multi Bencana**
|
3
|
3
|
0
|
6
|
|
12
|
AEK030002
|
Pengelolaan DAS**
|
3
|
3
|
0
|
4
|
|
13
|
AEK030003
|
Pengelolaan Lingkungan Hidup**
|
3
|
3
|
0
|
5
|
|
14
|
AEK030004
|
Perubahan Iklim Global**
|
3
|
3
|
0
|
4
|
|
15
|
AEK030005
|
Evaluasi Sumber Daya Lahan**
|
3
|
3
|
0
|
8
|
|
16
|
AEK030006
|
Geografi Pesisir dan kelautan**
|
3
|
3
|
0
|
5
|
|
17
|
AEK030007
|
Mitigasi dan Adaptasi Bencana**
|
3
|
3
|
0
|
4
|
|
18
|
AEK030008
|
Ekologi Bentang Lahan**
|
3
|
3
|
0
|
8
|
|
19
|
AEK030009
|
SIG Terapan Kebencanaan **
|
3
|
3
|
0
|
5
|
|
20
|
AEK030010
|
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan **
|
3
|
3
|
0
|
6
|
|
Jumlah SKS
|
60
|
60
|
0
|
|
|||
Jumlah Total SKS yang Ditawarkan
|
191
|
|
|
|
|||
Jumlah Total SKS yang Diambil
|
146
|
|
|
|
|||
Keterangan:
AKW = Kode
matakuliah pilihan untuk profil pendukung Analisis Keruangan dan Wilayah
AEK =
Kode matakuliah pilihan untuk profil pendukung Analisis Ekologi dan
Kebencanaan
* = Matakuliah pilihan (diambil minimal 12 SKS
untuk setiap Profil pendukung yang
dipilih).
2)
Penawaran Mata Kuliah Per Semester
SEMESTER 1
|
|||||||||
NO
|
KODE
|
MATA KULIAH
|
SKS
|
||||||
1
|
STKIP0001
|
Agama
|
3
|
||||||
2
|
STKIP0005
|
Pengantar Pendidikan
|
2
|
||||||
3
|
GEO030001
|
Pengantar Filsafat Geografi
|
3
|
||||||
4
|
GEO030002
|
Geologi Umum
|
3
|
||||||
5
|
GEO030003
|
Geomorfologi Umum
|
3
|
||||||
6
|
GEO030004
|
Geografi Penduduk
|
3
|
||||||
7
|
GEO030007
|
Kartografi
|
3
|
||||||
8
|
GEO030014
|
Dasar-Dasar Ilmu Ekonomi
|
2
|
||||||
Jumlah
|
22
|
||||||||
SEMESTER 2
|
|||||||||
NO
|
KODE
|
MATA KULIAH
|
SKS
|
||||||
1
|
STKIP0002
|
Pancasila
|
2
|
||||||
2
|
STKIP0006
|
Perkembangan Peserta Didik
|
3
|
||||||
3
|
STKIP0012
|
Bahasa Inggris
|
2
|
||||||
4
|
GEO030005
|
Geografi Tanah
|
3
|
||||||
5
|
GEO030011
|
Geologi
|
2
|
||||||
6
|
GEO030012
|
Geomorfologi
|
2
|
||||||
7
|
GEO030013
|
Penginderaan Jauh/Inter.Foto Udara
|
3
|
||||||
8
|
GEO030018
|
Dasar-Dasar Sejarah
|
2
|
||||||
9
|
GEO030033
|
Kosmografi
|
3
|
||||||
Jumlah
|
22
|
||||||||
|
|
||||||||
SEMESTER 3
|
|||||||||
NO
|
KODE
|
MATA KULIAH
|
SKS
|
||||||
1
|
STKIP0003
|
Kewarganegaraan
|
2
|
||||||
2
|
STKIP0004
|
Bahasa Indonesia
|
2
|
||||||
3
|
GEO30006
|
Meteorologi/Klimatologi
|
3
|
||||||
4
|
GEO30008
|
Aplikasi Bahasa Inggris
|
2
|
||||||
5
|
GEO30010
|
Hidrologi Dasar
|
3
|
||||||
6
|
GEO30016
|
Geografi Desa
|
3
|
||||||
7
|
GEO30023
|
Geografi Regional
|
2
|
||||||
8
|
GEO30025
|
Dasar-Dasar Ilmu Sosiologi
|
2
|
||||||
9
|
GEO30026
|
Statistik Dasar
|
2
|
||||||
Jumlah
|
21
|
||||||||
|
|
||||||||
SEMESTER 4
|
|||||||||
NO
|
KODE
|
MATA KULIAH
|
SKS
|
||||||
1
|
STKIP0007
|
Profesi Kependidikan
|
3
|
||||||
2
|
STKIP0011
|
Kewirausahaan
|
3
|
||||||
3
|
GEO030009
|
Oceanografi
|
3
|
||||||
4
|
GEO030024
|
Geografi Regional Dunia
|
2
|
||||||
5
|
GEO030027
|
Statistik Geografi Terapan
|
2
|
||||||
6
|
GEO030034
|
SIG Dasar
|
2
|
||||||
7
|
AKW030001
|
Geografi Pariwisata*
|
3
|
||||||
8
|
AKW030002
|
Survey Pemetaan*
|
3
|
||||||
9
|
AKW030003
|
Analisa Wilayah*
|
3
|
||||||
10
|
AEK030002
|
Pengelolaan DAS**
|
3
|
||||||
11
|
AEK030004
|
Perubahan Iklim Global**
|
3
|
||||||
12
|
AEK030007
|
Mitigasi dan Adaptasi Bencana **
|
3
|
||||||
Jumlah
|
21
|
||||||||
Ket: Matakuliah Pilihan (*) diambil 4 SKS untuk
masing-masing profil pendukung yang dipilih
|
|||||||||
SEMESTER 5
|
|||||||||
NO
|
KODE
|
MATA KULIAH
|
SKS
|
||||||
1
|
STKIP0013
|
Budaya Minangkabau
|
3
|
||||||
2
|
GEO030021
|
Evaluasi Pengajaran Geografi
|
3
|
||||||
3
|
GEO030019
|
Media Pengajaran Geografi
|
3
|
||||||
4
|
GEO030020
|
Strategi Belajar Mengajar Geografi
|
3
|
||||||
5
|
GEO030022
|
Perencanaan Pengajaran Geografi
|
3
|
||||||
6
|
GEO030031
|
Metodologi Penelitian Kuantitatif
|
2
|
||||||
7
|
GEO030035
|
Magang
|
2
|
||||||
8
|
AKW030004
|
Geografi Transportasi*
|
3
|
||||||
9
|
AKW030007
|
Analisis LOkasi dan Keruangan*
|
3
|
||||||
10
|
AKW030008
|
SIG Terapan Keruangan*
|
3
|
||||||
11
|
AEK030003
|
Pengelolaan Lingkungan Hidup**
|
3
|
||||||
12
|
AEK030006
|
Geografi Pesisir dan Kelautan**
|
3
|
||||||
13
|
AEK030009
|
SIG Terapan Kebencanaan**
|
3
|
||||||
Jumlah
|
22
|
||||||||
Ket: Matakuliah Pilihan (*) diambil 3 SKS untuk
masing-masing profil pendukung yang dipilih
|
|||||||||
SEMESTER 6
|
|||||||||
NO
|
KODE
|
MATA KULIAH
|
SKS
|
||||||
1
|
STKIP0010
|
Ke PGRI an
|
3
|
||||||
2
|
GEO030015
|
Ekologi dan Ilmu Lingkungan
|
3
|
||||||
3
|
GEO030017
|
Zoophyto Geografi
|
3
|
||||||
4
|
GEO030028
|
Pengajaran Mikro
|
3
|
||||||
5
|
GEO030029
|
Bedah Buku Teks SMA dan SMP
|
2
|
||||||
6
|
GEO030030
|
Geografi Kebencanaan
|
3
|
||||||
7
|
GEO030032
|
Metodologi Penelitian Kualitatif
|
2
|
||||||
8
|
AKW030009
|
Konservasi dan Rehabilitasi Lahan*
|
3
|
||||||
9
|
AKW030010
|
Geologi Lingkungan dan Sumber Daya*
|
3
|
||||||
10
|
AEK030001
|
Analisis Resiko Multi Bencana**
|
3
|
||||||
11
|
AEK030010
|
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan**
|
3
|
||||||
Jumlah
|
22
|
||||||||
Ket: Matakuliah Pilihan (*) diambil 3 SKS untuk
masing-masing profil pendukung yang dipilih
|
|||||||||
SEMESTER 7
|
|||||||||
NO
|
KODE
|
MATA KULIAH
|
SKS
|
||||||
1
|
STKIP0014
|
PL Kependidikan
|
4
|
||||||
2
|
GEO030037
|
Seminar Geografi
|
1
|
||||||
3
|
AKW030006
|
Kebijakan Pengembangan Wilayah*
|
3
|
||||||
4
|
AKW030007
|
Analisis Lokasi dan Keruangan*
|
3
|
||||||
5
|
AEK030005
|
Evaluasi Sumber Daya Lahan**
|
3
|
||||||
6
|
AEK030008
|
Ekologi Bentang Lahan**
|
3
|
||||||
Jumlah
|
5
|
||||||||
|
|||||||||
SEMESTER 8
|
|
||||||||
NO
|
KODE
|
MATA KULIAH
|
SKS
|
||||||
1
|
STKIP0008
|
Ilmu Kealaman Dasar
|
3
|
||||||
2
|
GEO030038
|
Penulisan Skripsi
|
6
|
||||||
3
|
GEO030036
|
Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
|
2
|
||||||
Jumlah
|
11
|
||||||||
g. Dosen Program Studi
NO
|
NIDN
|
NAMA
|
KODE DOSEN
|
KETERANGAN
|
1
|
1008126701
|
Slamet Rianto, M.Pd.
|
Yayasan
|
Ketua Prodi
|
2
|
1017027701
|
Erna Juita,
S.Pd. M.Si
|
Yayasan
|
Sekretaris Prodi
|
3
|
1020046502
|
Drs. Dasrizal, MP.
|
Yayasan
|
Ketua Yayasan
|
4
|
1013097201
|
Dr. Yeni Erita, M.Pd.
|
Yayasan
|
Dosen
|
5
|
1012126303
|
Drs. Edi Suarto, M.Pd.
|
Yayasan
|
Dosen
|
6
|
1011018501
|
Rozana Eka Putri, S.Pd. M.Si.
|
Yayasan
|
Dosen
|
7
|
1018098401
|
Rika Despica, S.Pd. M.Si.
|
Yayasan
|
Dosen
|
8
|
1027058302
|
Elvi Zuriyanim M.Si.
|
Yayasan
|
Sekretaris UP2lab
|
9
|
1007107203
|
Yuherman, SP. M.Pd.
|
Yayasan
|
Dosen
|
10
|
1020117102
|
Nefilinda, SE. M.Si.
|
Yayasan
|
Dosen
|
11
|
1011017703
|
Farida,
S.Si. M.Sc.
|
Yayasan
|
Dosen
|
12
|
1012098502
|
Loli Setriani, M.Pd.
|
Yayasan
|
Dosen
|
13
|
1001038202
|
Ade Irma Suryani,
M.Pd.
|
Yayasan
|
Dosen
|
14
|
1016018802
|
Nila Afryansih, M. Pd.
|
Yayasan
|
Dosen
|
15
|
1001078801
|
Momon Dt. Tanamir, M.Pd.
|
Yayasan
|
Dosen
|
16
|
1027078801
|
Elsa, M.Pd.
|
Yayasan
|
Dosen
|
17
|
1003048602
|
Afrital Rezki, S.Pd. M.Si.
|
Yayasan
|
Dosen
|
18
|
1018108801
|
Arie Zella Putra Ulni, M.Pd.
|
Yayasan
|
Dosen
|
A.
Sinopsis Mata Kuliah Institusi
STKIP0001 Agama (3-0 sks)
Mengkaji tentang pengetahuan keagamaan dalam rangka
menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
Mampu menerapkan nilai-nilai luhur keagamaan dalam kehidupan sehari-hari,
bersikap rasional, dinamis, berbudi pekerti luhur dan menghargai kerjasama
antar umat dalam mengabdikan ilmu, teknologi dan seni untuk kepentingan
nasional.
STKIP0002 Pancasila (2-0)
Mengkaji tentang pancasila sebagai falsafat
kehidupan berbangsa, etika politik, ideologi nasional, ketatanegaraan, dan
paradigma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara untuk dipahami dan
diamalkan dengan menerapkan nilai-nilai etika pancasila dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
STKIP0003 Kewarganegaraan
(2-0 sks)
Mengkaji tentang pancasila dan implementasinya, identitas
nasional dan masyarakat madani, demokrasi, hak dan kewajiban negara dan
warganegara.
STKIP0004 Bahasa
Indonesia (3-0 sks)
Mengkaji tentang bagaimana membina dan mengembangkan keterampilan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai media penyampaian ilmu
pengetahuan. Aksentuasi perkuliahan pada keterampilan Bahasa Indonesia yang
baik dan benar, baik lisan maupun tertulis dalam karangan ilmiah dan surat
menyurat, dengan memahami struktur kalimat, pengembangan paragraf, membuat
komentar, membuat kesimpulan dan resensi.
STKIP0005 Pengantar Pendidikan (2-0 sks)
Mengkaji tentang pengertian pendidikan, teori-teori
pendidikan, factor-faktor pendidikan, komponen pendidikan, menganalisis
pendidikan sebagai suatu disiplin ilmu, dan sebagai system serta menganalisis
dasar-dasar pelaksanaan pendidikan. Membicarakan tentang perkembangan, hakekat,
azas, dan landasan pendidikan nasional.
STKIP0006 Perkembangan
Peserta Didik (3-0 sks)
Mengkaji tentang karakteristik pertumbuhan dan perkembangan, kebutuhan dan
tahap-tahap perkembangan penyesuaian
diri remaja (usia sekolah menengah) serta implikasinya dalam penyelenggaraan
pendidikan.
STKIP0007 Profesi
Kependidikan (3-0 sks)
Mengkaji tentang peran guru dalam pelayanan bimbingan dan konseling
administrasi pendidikan di sekolah, penyikapan tugas, refleksi profesional dan
kode etik profesi keguruan.
STKIP0008 Ilmu Kealaman
Dasar (3-0 sks)
Mengkaji tentang hakikat manusia dan sifat
keingintahuannya, menjadi ilmuwan dan profesional yang berpikir kritis,
kreatif, sistemik dan ilmiah berwawasan luas;
etis, estetis serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya
alam dan lingkungan hidup, serta mempunyai wawasan tentang perkembangan ilmu
pengetahuan, dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan
masalah lingkungan hidup secara arif.
STKIP0009 Ilmu Sosial dan Budaya
Dasar (3-0 sks)
Mengkaji tentang kepribadian, kepekaan sosial, kemampuan
hidup bermasyarakat, pengetahuan tentang pelestarian, pemanfaatan sumber daya alam
dan lingkungan hidup, dan wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni. Membantu menumbuhkembangkan: daya kreatif, apresiasi, dan
kepekaan mahasiswa terhadap nilai-nilai sosial dan budaya demi memantapkan
kepribadiannya sebagai bekal hidup bermasyarakat selaku individu dan mahluk sosial.
STKIP0010 Ke-PGRI-an (3-0 sks)
Mengkaji tentang sejarah pendidikan, sejarah perjuangan
guru, sejarah PGRI dan jati diri PGRI.
STKIP0011 Kewirausahaan
(3-0 sks)
Mengkaji tentang tentang menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan mengembangkan
konsep wawasan, prinsip, sikap mental, etika, sikap mandiri dalam perhitungan
resiko wirausaha.
STKIP0012 Bahasa Inggris (2-0 sks)
Mengkaji tentang pengembangan keterampilan dasar bahasa
Inggris khususnya dalam membaca teks bahasa Inggris sesuai dengan bidang studi.
Sehingga lulusan memiliki keterampilan lebih berbahasa Inggris sesuai dengan
bidangnya.
STKIP0013 Budaya
Minangkabau (3-0 sks)
Mengkaji tentang pengetahuan dan pemahaman kepada
mahasiswa tentang budaya adat Minangkabau dengan segala hal yang melingkupinya.
Diharapkan dengan mempelajari/mengikuti mata kuliah ini akan terjadi transfer
pengetahuan kepada generasi penerus dan pelestarian budaya lokal.
STKIP0014 PL
Kependidikan (4 sks)
Mengkaji tentang pengalaman awal kepada calon guru dalam
mengimplementasikan penguasaan akademik kependidikan dan akademik bidang
keahlian, melalui mengajar terbimbing oleh Guru Pamong (bisa sebagai asisten
guru) tetapi bukan PPL.
B. Sinopsis Mata Kuliah Program Studi
a.
Mata
Kuliah Wajib Prodi
GEO030001 Pengantar Filsafat Geografi (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang perkembangan geografi dari sejak Yunani
Kuno sampai sekarang termasuk perkembangan yang terjadi di Indonesia sampai
menjadi bidang ilmu yang mandiri dan memberikan kontribusi bagi pembangunan.
Geografi memandang bahwa manusia tidak lepas dari lingkungannya yang patut
dipahami, karena pemanfaatan, pemeliharaan, pelestarian, bahkan kerusakan
lingkungan tidak lepas dari peranan manusia yang terdapat di dalamnya. Memahami
dan menkaji ruang lingkup sebagai dasar pembentukan pemikiran geografi,
sehingga berbeda dengan ilmu-ilmu yang lain, bahkan luasnya kajian geografi
baiks ebagai ilmu fisik, sosial, maupun budaya menyebabkan geografi memiliki
banyak cabang, sehingga perlu adanya spesialisasi dari cabang-cabang tersebut
yang dilandasi oleh ilmu pengetahuan yang lain
GEO030002 Geologi Umum (2-1 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan dalam mengkaji Pembahasan
teoritis maupun praktikum dilapangan tentang proses pembentukan bumi, deformasi
tektonik, perlapisan bumi dan jenis batuan penyusun kulit bumi, serta
proses-proses yang berlaku. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab,
diskusi, penugasan dan praktikum
GEO030003 Geomorfologi Umum (2 – 1 SKS)
Mengkaji tentang geomorfologi umum digunakan untuk
peningkatan kualitas mahasiswa yang meliputi berfikir kreatif, sistematik dan
ilmiah tentang bentang alam dan bentuk relief permukaan bumi serta keterkaitan
geomorfolofgi dengan ilmu-ilmu lainnya, serta pemetaan bentang alam yang
tersaji dalam peta topografi yang menggambarkan aspek geomorfologi.
GEO030004 Geografi Penduduk (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang prinsip-prinsip dan konsep-konsep
geografi untuk analisis kependudukan. Geografi Penduduk mempelajari penampilan
variasi ruang dari distribusi, komposisi, perpindahan dan pertumbuhan penduduk
yang dikaitkan dengan variasi ruang di pelbagai tempat di permukaan bumi.
Kompetensi akhir yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah penguasaan
analisis geografi untuk kependudukan yang dikaitkan dengan variasi ruang di
permukaan bumi. Materi perkuliahan meliputi posisi geografi penduduk dalam
konteks geografi, sumber data geografi penduduk, pendekatan dalam geografi
penduduk, pertumbuhan penduduk spatial, persebaran penduduk di berbagai ruang
permukaan bumi, keterkaitan antara pertumbuhan penduduk dengan tanah, iklim,
sumberdaya alam, sejarah dan politik, mobilitas penduduk geografis, tekanan
penduduk dan daya dukung lingkungan.
GEO030005 Geografi Tanah (2-1 SKS)
Mengkaji tentang konsep dasar ilmu tanah (Soil Science)
sebagai bagian dari studi geografi terpadu (unified geography) yang meliputi
hakekat dan konsep tanah, sifat fisik-kimia-biologi tanah, genesa tanah, survey
dan pemetaan tanah, klasifikasi dan taksonomi tanah, serta persebaran tanah
dalam suatu ruang. Di akhir perkuliahan mahasiswa diberikan pengetahuan dan
keterampilan dalam membaca dan membuat peta tanah yang didasarkan pada hasil
survey melalui praktikum lapangan.
GEO030006 Meteorologi/Klimatologi (2-1 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan dalam mengkaji fenomena
cuaca dan iklim sebagai bagian dari kajian geografi khususnya yang berkaitan
dengan proses atmosfer. Pada mata kuliah ini diperkenalkan unsur– unsur
pembentuk cuaca/iklim (radiasi matahari, kelembaban udara, suhu dan tekanan udara
serta angin) beserta alat– alat pengukurnya,
mekanisme terbentuknya musim, aplikasi bidang klimatologi pada berbagai
bidang, pengetahuan mengenai pembentukan awan dan hujan, gangguan iklim global
serta klasifikasi iklim dunia dan kondisi iklim Indonesia
GEO030007 Kartografi
(2-1 SKS)
Mengkaji tentang pembuatan peta sekaligus mencakup
studinya sebagai dokumen-dokumen ilmiah dan hasil karya. Namun, secara
fundamental pada tahun 1960 yang tadinya kartografi diartikan sebagai pembuatan
peta telah mengalami perubahan definisi menjadi penyampaian informasi
geospasial dalam bentuk peta. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa
kartografi telah dikelompokan dalam ilmu pengetahuan komunikasi dan hadirnya
tekhnologi komputer yang tentunya menghasilkan pandangan bahwa kartografi tidak
hanya sebagai pembuatan peta semata. Dalam kartografi diharapkan juga
terkandung nilai ilmu pengetahuan (sceince), estetika (aesthetics), teknik, dan
berdiri di atas keyakinan bahwa kenyataan yang ada di sekitar kita (reality)
dapat dimodelkan dalam berbagai cara yang memungkinkan informasi ruang
(spatial) dapat dikomunikasikan secara efektif.
GEO030008 Aplikasi Bahasa Inggris (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang dasar-dasar
pengetahuan bahasa Inggris untuk keperluan berkomunikasi seperti memperkenalkan
diri sendiri dan orang lain dalam konteks ilmu geografi. Selain itu, mahasiswa
juga diberikan materi berupa bacaan yang terkait dengan topik-topik geografi,
membuat surat lamaran kerja dan wawancara dalam bahasa Inggris
GEO030009 Oceanografi (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan dalam
mengkaji fenomena Pengetahuan dasar tentang
laut dan pengaruhnya terhadap
fakto-faktor geografis lainnya serta bagaimana hubungan antara lautan
dengan kehidupan social ekonomi budaya dan hankam (pertahanan dan keamanan).
Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dan
praktikum.
GEO030010 Hidrologi Dasar (2-1
SKS)
Mengkaji tentang aspek sebaran, proses dan siklus air di
permukaan bumi. Ruang lingkup bahasan untuk setiap komponen siklus hidrologi
(hujan, evapotranspirasi, infiltrasi & limpasan permukaan) meliputi pengertian, proses, faktor yang
mempengaruhi unsur terkait serta cara pengukuran di lapangan maupun pendekatan
secara empiris. Pada mata kuliah ini juga diperkenalkan mengenai air tanah
serta permasalahannya, debit sungai dan cara pengukurannya serta dampak perubahan
iklim terhadap ketersediaan air.
GEO030011 Geologi Indonesia (2 – 0 SKS
Mengkaji tentang fisiografi dan struktur geologi
kepulauan Indonesia dimulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi,
Bali dan Nusa Tenggara, serta Maluku dan Papua. Disamping itu mengkaji fenomena terbaru yang
ada seperti gempa DIY Jateng, Lumpur Lapindo, dan tsunami Aceh.
GEO030012 Geomorfologi Indonesia (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang fenomena geomorfologi dengan pendekatan
secara keruangan dan kelingkungan yang meliputi letak, luas, batas, kondisi
iklim, hidrologi, jenis tanah, kerangka geologi, fisiografi, morfologi,
bentuklahan, bentanglahan, serta pemanfaatannya yang dikatkan dengan
karakteristik, potensi, dan pengembangan wilayah yang ada di seluruh kepulauan
Indonesia mulai dari: Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara,
Sulawesi, Maluku, dan Papua.
GEO030013 Penginderaan
Jauh/Interpretasi Foto Udara (2-1 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan dan keterampilan tentang
teknik-teknik pengamatan dan penafsiran fenomena geografi melalui foto udara
dan citra penginderaan jauh secara teoritis dan praktikum di laboratorium.
GEO030014 Dasar-dasar Ilmu
Ekonomi (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang ekonomi masyarakat yang terkait dengan
kebutuhan manusia, barang dan jasa, serta pemanfaatan sumber daya alam,
kelangkaan dalam sumber daya alam serta siapa saja pelaku dalam perekonomian, kemudian dengan memepelajari mata kuliah ini
mahasiswa dapat mengetahui konsep dasar
ekonomi dan kebutuhan manusia, sehingga adanya pemanfaatan sumber daya yang ada
dengan adanya pelaku ekonomi.
GEO030015 Ekologi dan Ilmu
Lingkungan (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang kesatuan ruang dengan semua benda, daya,
keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan peri-lakunya yang mempengaruhi
kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup
lainnya.Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
dan praktikum.
GEO030016 Geografi Desa Kota (3-0 SKS)
Mengkaji tentang konsep dasar dari, masyarakat desa dan
kota, serta pemerintahan desa kota, pola desa kota serta potensi desa kota,
kemudian dengan memepelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tingkat
perkembangan desa dan kota serta permaslahan dan ciri desa kota sehingga mampu
mengukurn tingkat perkembangan desa dan kota.
GEO030017 Zoophyto Geografi (3 - 0 SKS)
Mengkaji tentang ruang lingkup biogeografi, rantai
makanan, siklus biogeokimia, faktor-faktor yang mempengaruhi sebaran tumbuhan
yang ada di permukaan bumi, tipe-tipe bioma di muka bumi, migrasi dan
pemencaran tumbuhan, nnilai ekonomis, ekologis dan sosial bagi manusia,
taksonomi hewan, kaitan paleogeografi dengan sebaran hewan beserta evolusinya,
migrasi hewan dan penghalang (barrier), pewilayahan hewan di muka bumi, fauna
kepulauan Indonesia, suaka margasatwa, cagar alam, program pelestarian dan
perlindungan hewan, serta nilai ekonomis, ekologis dan social hewan bagi
manusia.
GEO030018 Dasar-dasar Sejarah (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang sejumlah pengetahuan elementer ilmu
sejarah secara pengetahuan sejarah secara umum serta hubungannya dengan ilmu
geografi yang menggambarkan fenomena-fenomena yang yang terlihat
ditengah-tengah masyarakat.
GEO030019 Media Pengajaran Geografi (3 - 0 SKS)
Mengkaji tentang pentingnya pengguaan
media dalam pengajaran geografi, mamilih dan merencanakan, terampil dalam
membuat media sesuai dengan materi pelajaran, memakai serta mengevaluasi media
sesuai dengan materi pelajaran.
GEO030020 Strategi Belajar Mengajar (3– 0 SKS)
Mengkaji tentang wasasan dan pengetahuan dan teori-teori
strategi pembelajaran, mampu memilih metode pembelajaran yang cocok digunakan
dalam pembelajaran, terampil dalam menentukan dan mengugunakan media
pembelajaran, serta terampil dalam melakukan pengelolaan kelas.
GEO030021 Evaluasi Pengajaran Geografi (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan dan keterampilan kepada
mahasiswa tentang prinsip, teknik, dan prosedur penilaian dalam pelaksanaan
pembelajaran. Diharapkan dengan mempelajarai /mengikuti matakuliah ini akan
terjadi transfer pengetahuan, perubahan sikap, dan pembekalan keterampilan umum
dan khusus dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran.
GEO030022 Perencanaan
Pengajaran Geografi (3 - 0 SKS)
Mengkaji tentang menyusun perencanaan pembelajaran yang
baik dan benar sesuai dengan panduan implementasi Kurikulum 2004, 2006 (KTSP), dan 2013. Lingkup teori yang
diharapkan dipahami mahasiswa antara lain prinsip dan konsep pembelajaran,
pendekatan dan model pembelajaran, merumuskan tujuan, penyusunan skenario, dan
evaluasi. Sedangkan keterampilan yang diharapkan dikuasai mahasiswa adalah
menyusun suatu naskah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), standar kriteria
ketuntasan belajar, program semester, program tahunan, silabus dan praktek
perbaikan proses pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas, penelitian
pengembangan, dan eksperimen.
GEO030023 Geografi
Regional Indonesia (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang fenomena geografi Indonesia dan
hubungannya dengan kegiatan penduduk yang didekati secara keruangan dan
kelingkungan yang meliputi letak keadaan geologi, geomorfologi, iklim, tanah,
perairan, laut, hidrologi, flora dan fauna, ekosistem pantai, ekosistem
dataran rendah dan pegunungan, sumberdaya alam, penduduk dan aktifitasnya
meliputi pertanian, perikanan, kehutanan, perindustrian, transportasi,
perdagangan, konservasi dan hubungannya dengan pembangunan local, regional dan
nasional.
GEO030024 Geografi
Regional Dunia (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang konsep yang mempelajari suatu wilayah
geografi. Region tersebut tidak terbatas luasnya dan sangat bervariasi. Yang
menjadi karakteristik dari masing-masing region tersebut bisa berupa kesamaan
(homogenitas) aspek fisik, aspek sosial, maupun keterpaduan antara keduanya.
Pada region tadi, terjadi interaksi antara unsur fisik: iklim/cuaca, batuan,
tanah, air dan sebagainya, dengan aspek manusia: termasuk kebudayaannya. Dari
hasil interaksi tersebut memungkinkan adanya “kelebihan” maupun “kelemahan”
dibanding wilayah lain. Perbedaan antara satu region dan region lain
(differensiasi area) memungkinkan terciptanya interaksi antar wilayah. Suatu
kawasan memiliki homogenitas tersendiri yang menarik untuk dipelajari. Mata
kuliah ini mempelajari kekhasan masing-masing region, sehingga mahasiswa
diharapkan mampu membandingkan antara satu region dengan region lainnya, untuk
selanjutnya mahasiswa dapat menarik suatu kesimpulan yang didasarkan atas fakta
fisik maupun sosial di dalamnya.
GEO030025 Dasar-dasar Ilmu Sosiologi (2– 0 SKS)
Mengkaji tetang struktur sosial, proses sosial, dan
perubahan-perubahan sosial. Struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara
unsur- unsur sosial yang pokok,yaitu kaidah-kaidah sosial,lembaga-lembaga
sosial,kelompok- kelompok sosial,dan lapisan soial.Proses sosial adalah pengaruh
timbal-balik dari berbagai segi kehidupan sosial (ekonomi dan politik,hukum,dan
agama).
GEO030026 Statistik Dasar (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang konsep, pemodelan, dan pendugaan statistik. Mahasiswa diharapkan nantinya
mampu menganalisis instrumen penelitian dan paham tentang pengajuan hipotesis.
Selain itu, mahasiswa dibekali dengan keterampilan dalam menganalisis data
statistik deskriptif dan deskriptif inferensial.
GEO030027 Statistik Terapan Geografi (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan dan analisa tentang
deskriptif, Chi-kuadrat, korelasi linier dan ganda, regresi linier dan ganda,
serta Uji T, perhitungan yang dilakukan secara manual dan memakai SPSS Versi
22, mahasiswa disarankan untuk membawa laptopnya masing-masing agar dapat
mempraktekkan secara langsung analisis yang menggunakan perangkat SPSS Versi 22
tersebut.
GEO030028 Bedah Buku Teks SMP dan SMA (2 – 0
SKS)
Mengkaji tentang wasasan dan pengetahuan dan keterampilan
dalam menganalisis kurikulum dari sejarah perkembangan kurikulum sampai
sekarang ini serta menganilisis buku teks dalam pembelajaran geografi sebagai
bekal bagi para calon guru yang handal dan professional.
GEO030029 Pengajaran Mikro (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang membentuk dan mengembangkan kompetensi
dasar mengajar sebagai bekal praktek mengajar di sekolah / lembaga pendidikan
dalam program praktek pengalaman lapangan. Terdiri dari :memahami dasar-dasar
pengajaran mikro, menyusun rencana pelaksanaan pengajaran (RPP), membentuk dan
meningkatkan kompetensi mengajar terbatas, kompetensi mengajar terpadu dan
utuh, membentuk kompetensi kepribadian, dan membentuk kompetensi sosial.
GEO030030 Geografi Kebencanaan (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang aspek kebencanaan yang berada di dalam
suatu daerah dengan mengintegrasikan mitigasi bencana ke dalam rencana tata
ruang nya tersebut. Materinya meliputi berbagai kawasan rawan bencana alam
seperti kawasan rawan letusan gunung berapi, kawasan rawan gempa bumi, kawasan
rawan tanah longsor,dan lainnya diarahkan menjadi suatu kawasan lindung
GEO030031 Metode
Penelitian Kuantitatif (2-0 SKS)
Mengkaji tentang cara atau metode penelitian yang dapat
dipakai dalam penelitian fisik dan sosial pada umumnya, dan khususnya
penelitian geografi. Salah satu model atau metode yang dapat dipakai dan
dipelajari saat ini adalah model penelitian survey kuantitatif. Penelitian
survey membutuhkan rancangan penelitian dengan tahap-tahap yang lebih baku dan
terencana dibandingkan model lain seperti grounded, model-model penelitian
kuantitatif lainnya. Rancangan tersebut menuntut pemahaman teorisasi,
proposisi, konsep, variabel dan pengukuran variabel serta perumusan hipotesa.
GEO030032 Metode Penelitian Kualitatif (2-0 SKS)
Mengkaji tentang keterkaitan antara metode penelitian
kualitatif dengan teori-teori geografi, esensi metode penelitian kualitatif,
validitas data, analisis data dalam penelitian kualitatif, interpretasi data
dan cara penulisan laporan penelitian kualitatif.
GEO030033 Kosmografi (2 – 1 SKS)
Mengkaji tentang keadaan iklim, perubahan iklim baik yang
terjadi di belahan bumi utara maupun di belahan bumi selatan, terjadinya angin
muson di Indonesia, pembagian waktu, pembelokan arah angin, pasang naik-pasang
surut air laut. Pembahasan kosmografi membahas tentang benda-benda langit yang
ada di jagad raya dan bagaimana hubungannya dengan bumi.
GEO030034 SIG Dasar (2 -0 SKS)
Mengkaji tentang konsep SIG, perkembangan, komponen,
unsur-unsur esensisal, struktur data, pembuatan peta digital (teori dan
praktik), pemasukan data non grafis/atribut, pengolahan data base (teori dan
praktik) dan beberapa aplikasi SIG dalam kajian geografi. Mata kuliah SIG ini
terdiri atas teori dan praktikum. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya
jawab, diskusi, penugasan dan praktikum.
GEO030035 Magang
Program Studi (0 – 2 SKS)
Mengkaji tentang kerja praktek pada perkantoran dan
lembaga lainnnya, yang bergerak di bidang ilmu geografi dan lingkungan, agar
dapat menerapkan teori dengan praktek dilapangan (Instansi Pemerintah dan
Swasta).
GEO030036 Kuliah
Kerja Lapangan (0 – 2 SKS)
Mengkaji tentang konsep-konsep geografi, teori,
prinsip-prinsip, dan generalisasi yang dibahas dalam kelas melalui kuliah kerja
lapangan ( KKL)
GEO030037 Seminar Geografi (1 –0SKS)
Mengkaji tentang prosedur pembuatan proposal sesuai
dengan peraturan akademik yang berlaku, memberikan cara memaparkan isi proposal
dan argumentasi terhadap isi proposal dalam seminar.
GEO030038 Penulisan Skripsi (6 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengalaman dalam
penelitian yang diikuti dengan latihan penulisan hasil penelitian / temuan dan
disusun dalam bentuk skripsi, dimulai dari langkah-langkah penemuan masalah,
memecahkan masalah penelitian, hasilnya dituangkan dalam bentuk skripsi dan
dipertahankan di dewan penguji.
b. Mata Kuliah Pilihan
AKW030001 Geografi Pariwisata (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan dan keterampilan tentang
prinsip, teknik, dan prosedur penilaian serta penentuan faktor-faktor yang
dinilai dalam pengajaran geografi.Mata kuliah geografi pariwisata mmenjelaskan
mengenai konsep dasar dari geografi ekonomi yang meliuti pengertian istilah
kajian geografi ekonomi yaotu pemanfaatan sumber daya alam, industri,
perdagangan, dan transportasi, kemudian dengan memepelajari mata kuliah ini
mahasiswa dapat mengetahui pemmanfaatan sumberdaya alam untuk meningkatkan
perekonomian dan memenuhi kebutuhan manusia.
AKW030002 Survey Pemetaan (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan tentang dasar-dasar
pengetahuan survey/ukur tanah dan menggunakan alat ukur tanah melalui kerja
lapangan dalam rangka mewujudkan peta pada daerah tertentu di muka bumi.
AKW030003 Analisa Wilayah (3 – 0 SKS)
Mengkaji
tentang mata kuliah yang terkait dengan wilayah, baik perkembangannya dan
perencanaan pembangunan wilayah yang memiliki dimensi komprehensif mencakup
segala aspek dalam wilayah seperti fisik, sosial, ekonomi, lingkungan dan
budaya. Mata kuliah ini tidak hanya menyajikan analisis wilayah yang bersifat
kualitatif namun juga terdapat analisa wilayah yang bersifat kuantitatif. Utnuk
mendukung teknik analisa wilayah dan perencanaan yang tepat dalam suatu wilayah
hingga tujuan pembangunan dapat tercapai
AKW030004 Geografi Transportasi (3 – 0 SKS)
Mengkaji
tentang model transportasi, sarana dan prasarana transportasi, permasalahan
transportasi dan infrastrukturnya, serta upaya perekayasaan transportasi massal
yang lebih baik. Mahasiswa dapat memahami pola kerja transportasi dan
aksebilitas dan perekayasaan wawasan dan pandangan bagi mahasiswa, dosen yang
ingin mengenal transportasi dari sudut pandang geografi.
AKW030005 Perencanaan
penggunaan lahan (3 – 0 SKS)
Mengkaji
tentang Perencanaan penggunaan lahan merupakan kajian peruntukan suatu lahan
yang memperhatikan kendala/pembatas untuk suatu peruntukan. Dalam proses
perencanaan tata guna lahan diperlukan kajian terkait dengan
kemampuan/kecocokan lahan secara umum dan kajian kesesuaian lahan untuk
berbagai peruntukan secara khusus. Mata kuliah ini bertujuan membekali
mahasiswa untuk menemu-kenali permasalahan dalam penggunaan lahan karena tidak
sesuai dengan kemampuan/kesesuaian lahannya.
AKW030006 Kebijakan
Pengembangan Wilayah (3 – 0 SKS)
Mempelajari
tentang kebijakan dan perencanaan pembangunan wilayah, proses dan prosedur
perencanaan pembangunan wilayah (daerah) dan keterkaitannya dengan perencanaan
pembangunan nasional, Konsep-konsep perencanaan pembangunan wilayah dan
pedesaan dalam dimensi spasial dan a-spasial untuk pengembangan wilayah,
mempelajari beberapa kebijakan, teknik dan analisis perencanaan pembangunan
wilayah.
AKW030007 Analisis
lokasi dan keruangan (3 – 0 SKS)
Mengkaji
tentang teori lokasi berbagai kegiatan manusia di dalam ruang, mampu
mempergunakan teknik dan metode analisis untuk mengkaji kecenderungan lokasi
kegiatan-kegiatan, dan mampu merumuskan pertimbangan lokasi dalam perumusan
kebijakan pengembangan wilayah dan kota.
AKW030008 SIG Terapan Keruangan (3 – 0 SKS)
Mengkaji
tentang konsep dasar penyusunan basis data, model analisis keruangan secara
sederhana, serta arahan evaluasi model berbasis teknologi SIG.
AKW030009 Konservasi dan Rehabilitasi Lahan*(3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang
proses kerusakan lahan, teknik-teknik konservasi lahan (vigetatif, sipil teknis
dan kimia), pengendalian kerusakan lahan, perbaikan lahan kritis, membuat
perencanaan rehabilitasi lahan kritis dan proses monitoring dan evaluasi
AKW030010 Geologi Lingkungan dan Sumber Daya (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengelolaan sumber daya alam bagi perencanaan yang
berperanan sebagai pendukung dan pembatas pengembangan wilayah dan kota.
AEK030001 Analisis resiko multi bencana (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang
pertumbuhan penduduk yang cepat, pembangunan dan tata ruang yang kurang
memperhatikan kerawanan terhadap bencana. Risiko bencana yang dipelajari adalah
potensi kerugian yang ditimbulkan akibat bencana pada suatu wilayah dan kurun
waktu tertentu, yang dapat berupa kematian, luka, sakit, dan jiwa terancam.
AEK030002 Pengelolaan DAS (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang manajemen pemanfaatan dan perlindungan
daerah aliran sungai sebagai daerah tangkapan hujan (catchment area),
sumberdaya air, sarana transportasi sekaligus mencarikan solusi terhadap
bencana yang sering ditimbulkan.
AEK030003 Pengelolaan Lingkungan Hidup ( 3 – 0 SKS)
Mengkaji
tentang pengelolaan lingkungan hdup, yang memberikan manfaat bagi masyarakat,
namun saat ini telah banyak mengalami degradasi diakibatkan oleh manusia itu
sendiri. Setelah mendapatkan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat
mengerti, mampu menjelaskan pengelolaan lingkungan hidup, baik teori maupun
prakteknya. Di akhir mata kuliah mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan
hal-hal yang terkait dengan pengelolaan lingkungan hidup saat ini yang telah
banyak mengalami degradasi.
AEK030004 Perubahan
Iklim Global (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang meningkatnya suhu global seperti naiknya
permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem,serta
perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil
pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan. mencairnya tudung es di kutub,
meningkatnya suhu lautan, kekeringan yang berkepanjangan, penyebaran wabah
penyakit berbahaya, banjir besar-besaran, coral bleaching dan gelombang badai
besar.
AEK030005 Evaluasi Sumber Daya Lahan ( 3 – 0 SKS)
Mengkaji
tentang pengertian Sumberdaya lahan dan Pengelolaannya; Potensi dan kerentanan
Sumberdaya Lahan; Pemanfaatan dan Pengembangan Sumberdaya Lahan yang
berkelanjutan. Melalui mata kuliah ini diharapkan
mahasiswa memiliki wawasan pengetahuan tentang konsep dan analisis lahan dalam
perencanaan, penggunaan dan evaluasinya. Serta mampu memanfaatkannya untuk
Pembelajaran Pengelolaan Sumberdaya Lahan di sekolah.
AEK030006 Geografi Pesisir Dan Kelautan (3 – 0 SKS)
Mengkaji
tentang terminologi pesisir, karakteristik ekosistem pesisir, pembagian zona
wilayah pesisir, proses-proses gemorfologi wilayah pesisir. Setelah mendapatkan
mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengerti, mampu menjelaskan tentang
geografi pesisir dan kelautan, meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga dan
melestarikan laut, serta mencegah terjadinya pencemaran.
AEK030007 Mitigasi Dan Adaptasi Bencana (3 – 0 SKS)
Mengkaji
tentang ekplorasi pemanfaatan ruang secara tidak terkendali hingga berefek
berupa berbagai bencana, seperti bencana iklim, geologi, longsor, banjir,
teknologi dan bencana sosial. Kuliah ini juga membahas mengenai mitigasi dalam
bentuk peningkatan pengetahuan dan wawasan bencana, sistem peringatan dini, dan
cara meminimalkan resiko serta sosialisasi mitigasi bencana melalui pendidikan.
Setelah mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu membahas ruang dalam
berbagai ruang lingkup sesuai dengan ruang tempat tinggal, lingkungan sekitar,
kota-desa, nasional dan internasional untuk mitigasi dan adaptasi kuliah.
AEK030008 Ekologi Bentang Lahan (3-SKS)
Mengkaji
tentang dasar geosfer sebagai kunci dari lingkungan komunitas vegetasi, hewan
dan manusia. Mata kuliah ini menjadi jembatan
penghubung antara ekologi dasar dan ekologi aplikasi. Di kuliah ini mahasiswa
mempelajari bentang lahan sebagai tempat berlangsungnya proses-proses ekologis
sehingga merupakan dimensi spasial. Ekologi bentang lahan yang dipelajari
dipisahkan menjadi 2 yaitu yang ekologi bentang lahan yang berkembang di Eropa
yang memfokuskan kajian pada tipologi, klasifikasi, tatanama untuk
diaplikasikan dalam evaluasi, pengelolaan dan restorasi sistem yang sudah
terbangun. Kedua, ekologi bentang lahan dan perkembanganya di Amerika Serikat.
Di akhir mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan
pengembangan dasar teori dan model serta lebih fokus pada sistem-sistem alami
ekologi bentang lahan.
AEK030010 SIG Terapan Kebencanaan (SIG 2-SKS)
Mengkaji tentang konsep dasar penyusunan basis data,
model analisis keruangan secara sederhana, serta arahan evaluasi model berbasis
teknologi SIG.
AEK030011 Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ** (3-SKS)
Mengkaji tentang dampak penting suatu usaha atau
kegiatan kepariwisataan yang direncanakan terhadap lingkungan hidup yang sangat
diperlukan dalam proses pengambilan keputusan. Mata kuliah Analisis Mengenai
Dampak Lingkungan (AMDAL) mencakup latar belakang munculnya AMDAL, Kebijakan
pembangunan, pelingkupan, penentuan dampak penting dan besar, pengumpulan data,
metoda analisis dampak lingkungan, dan metoda identifikasi prediksi serta
evaluasi dampak.
Social Plugin